Nokia Care

Ada pula layanan after sales yang juga ditawarkan oleh Nokia. Brand sudah eksis lebih dahulu di Indonesia ini memberikan dua jenis layanan, yaitu Nokia Care Centre dan Nokia Care Collection Point. Di Nokia Care Centre, konsumen dapat datang untuk layanan dan perbaikan, konsultasi mengenai fitur ponsel dan penggunaan termasuk pengaktifan layanan Nokia seperti Ovi, N-GAGE, Maps serta Musik. Sedangkan untuk Nokia Care Collection Point adalah layanan service centre Nokia yang terletak di kota-kota kecil, yang belum tersedia layanan Nokia Care Centre.

Nokia juga menyediakan Nokia Care Protect. Layanan ini memberikan penawaran perbaikan dan dukungan sampai 12 bulan setelahnya. Disamping itu, layanan ini juga memastikan kenyamanan untuk para konsumen sehingga perangkatnya tetap ada dalam masa garansi tanpa adanya biaya tambahan. Nokia juga mengembangkan layanan inovatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satunya ialah layanan care delivery service, dalam kondisi konsumen bisa meminta ponsel mereka untuk bisa dikirim ke rumah setelah selesai diperbaiki.

Service Centre Resmi, Berbenah

Di saat semua brand smartphone sedang marak mengusung layanan after salesnya, apakah Anda yakin masih mau lari ke tempat service tidak resmi? Jika kita tengok ke beberapa tahun ke belakang, memang banyak sekali keluhan yang dirasakan oleh konsumen saat datang ke service centre, tidak terkecuali brand apapun. Entah mengenai layanan customer service yang buruk, waktu perbaikan yang lama, atau tidak tersedianya sparepart yang dibutuhkan.

Baca juga : Net89

Namun, melihat pertumbuhan penjualan smartphone yang semakin tinggi, kini para vendor pun mulai lebih memperhatikan layanan after sales untuk konsumennya. Barangkali, ini mulai digalakkan supaya mereka tidak ditinggal oleh konsumen setianya. Terbukti dari survei yang telah lakukan melalui kuesioner singkat, sudah jarang muncul keluhan dari pengguna smartphone terhadap layanan service centre dari brand miliknya.

Secara garis besar konsumen sudah merasa puas dengan layanan yang diberikan, walaupun masih saja ada yang merasakan ketidaknyamanan saat datang ke service centre resmi. Seperti yang diutarakan oleh Agnes Octaviani, pemilik tablet Samsung yang mengalami kerusakan baterai, bahwa customer service yang melayani sangat membantu dengan memberikan saran dan menjawab pertanyaan secukupnya. Dirinya juga mengaku jika malah merasa takut dan kurang percaya dengan layanan dari service tidak resmi.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa masih saja banyak konsumen yang tetap memilih jasa service tidak resmi dengan alasan biaya yang murah atau layanannya yang lebih cepat. Mau pilih service resmi atau tidak resmi, itu semua tergantung Anda. Tapi di luar hal itu, tetap lebih baik jika setiap brand juga mengunggulkan layanan after sales-nya supaya tidak hanya dari segi produk saja, konsumen juga merasakan layanan service yang juga maksimal.

Testimoni konsumen menyoal service centre

Ketika polling di Fans page Facebook bertema layanan after sales dibuka, mayoritas kepuasan menyangkut pelayanan service centre pun mencuat. Beragam pengalaman mengenakkan dialami oleh member. Tak hanya satu, melainkan puluhan member yang tersenyum oleh layanan service centre. Namun, tak sedikit pula yang kecewa. Eiit, jangan salah tafsir dulu. Tak ada gading yang tak retak, semua produk pasti memiliki nilai minus. Jika keluhan di atas merupakan simbol retaknya gading. Kini vendor, mencoba memperbaiki dengan segenap hati demi loyalitas pelanggan. Berikut testimoni plus minus menyangkut service centre.

 

Menu Buffet Prasmanan

Menu Catering yang Wajib Ada di Pesta Pernikahanmu!

Menikah merupakan sebuah peristiwa ataupun moment yang paling berharga dalam hidup. Menikah juga merupakan sebuah kejadian yang selalu membekas bagi siapa saja yang sudah pernah merasakan. Sejatinya juga menikah merupakan peristiwa sekali dalam hidup . Pernikahan juga tidak hanya mengenai dekorasi dan juga tempat pernikahan, kamu juga perlu memperhatikan sajian yang harus kamu hidangkan kepada para tamu. Maka dari itu kita perlu mempersiapkan segala sesuatunya , sehingga pernikahan berjalan meriah serta rencana yang sudah dipersiapkan bisa sukses. Disini kami ingin memberikan rekomendasi menu yang biasa dipersiapkan untuk menjamu para tamu . Jangan sampai menu yang kamu berikan salah dan juga malah bikin acara kamu gagal. Berikut menu makanan yang bisa kamu sajikan jika ingin mengadakan pesta pernikahan.

Nasi Goreng

Siapa sih disini yang tidak mengenal nasi goreng . Pasti kalian semua tahu bahwa nasi goreng merupakan menu yang sering disajikan . Nasi goreng juga selalu menjadi menu andalan di setiap acara . Tidak hanya pernikahan, nasi goreng ini juga sering disajikan di acara seperti gathering , pertunangan ataupun acara di kantor. Makanan ini juga merupakan makanan yang bisa dimakan pada saat apapun . Bahkan makanan yang sangat tinggi karbohidratnya ini sering di makanan pada saat malam hari . Pasti kamu tau kan nasi goreng keliling yang sering lewat di depan rumah kita . Hal ini menandakan bahwa makanan ini bisa dimakan disaat apapun juga .

Baca Juga : Nasi Kotak

Sate

Sate merupakan makanan yang wajib ada di acara pernikahan. Sate juga sering menjadi incaran oleh para tamu . Hal ini dikarenakan bahwa sate merupakan makanan yang selalu menggugah selera siapapun yang melihatnya . Sate ini sendiri memiliki banyak sekali varian , mulai dari sate khas jawa tengah , khas madura , bahkan sate yang berasal dari eropa . Sate ini juga bisa kamu padukan dengan berbagai bumbu , seperti sambel kacang , sambel kecap ataupun tanpa sambal . Makanan ini juga memiliki banyak sekali daging yang kamu inginkan. Sate ini sendiri juga banyak sekali varian dagingnya , mulai dari kambing , domba, sapi bahkan ayam. Tapi kalau kamu tidak ingin mengeluarkan budget yang lebih besar, kamu bisa menggunakan daging ayam. Ya jelas, karen ayam ini sendiri harganya pasti lebih murah .

Daging Kecap 

Selanjutnya adalah daging kecap . Daging kecap ini sendiri sering banget kita temui. Rasa yang manis dan gurih ini bisa membuat siapa saja tertarik untuk menikmatinya. Kamu bisa padukan bersamaan menu ini . Hal ini dikarenakan lidah  orang Indonesia suka dengan makanan yang manis dan gurih . Dagingnya juga kamu bisa pilih, mulai dari daging ayam , daging kambing ataupun daging sapi.

Ikan Asam Manis

Ikan asam manis adalah optional buat kamu yang ingin menu makanan ini. Kita tahu bahwa Indonesia sebagian besar adalah daerah perairan . Hal ini membuat setiap orang tidak lepas mengkonsumsi makanan ikan . Ikan ini sendiri bisa kamu pilih sesuai dengan budget kamu, mulai dari ikan mas, ikan gurame ataupun ikan laut lainya. 

Bakso

Bakso adalah makanan yang cukup populer . Bakso ini sendiri memiliki banyak sekali varian sesuai dengan daerah khas yang kamu inginkan . Bakso dari daerah Indonesia ini berasal dari malang , lamongan , wonogiri dan masih banyak lagi . Kamu bisa juga padukan dengan mie , bihun dan juga soun . Ohya , jangan lupa kerupuknya ya!

Soto

Makanan ini sebenarnya bisa kamu jadikan optional . Hal ini dikarenakan soto dan bakso memiliki kemiripan. Hal ini dikarenakan makanan kuah panas yang cocok sekali di makanan disaat siang hari . Soto ini sendiri juga memiliki banyak rasa dan karakter yang berbeda. Ada soto santan, soto mie , soto bening , soto jeroan dan masih banyak lagi . Jadi pas banget deh buat kamu yang akan melangsungkan pernikahan di siang hari.

Siomay

Siomay adalah makanan yang wajib kamu sajikan selanjutnya. Makanan ini bisa dijadikan makanan pilihan selain makanan berat yang sudah disebutkan diatas. Makanan ini memiliki karakter gurih dan juga terbilang rendah kalori . Hal ini dikarenakan makanan ini dibuatnya tanpa menggunakan minyak dan juga dikukus. Makanan ini cocok banget untuk tamu yang tidak ingin makanan nasi ataupun makanan berat lainya. Jadi bagi para kaum perempuan yang sering diet bisa menyantap makanan ini . Somay ini juga perlu dilengkapi dengan saus kacang dan juga kecap yang membuat makanan ini terlihat mantap.

Kambing Guling

Nah ini nih makanan yang paling dicari oleh setiap tamu yang datang dalam acara pernikahan. Makanan ini sering sekali kita jumpai dalam acara mewah . Makanan ini juga makanan yang paling cepat sekali habis . Walaupun kita tahu bahwa kambing merupakan makanan yang bisa menyebabkan darah tinggi  dan kolesterol , Tetap saja semua orang akan mencoba dan mencicipinya . Kambing guling sendiri memiliki harga yang tidak murah , jadi kamu harus siap merogoh kocek untuk mengeluarkan budget lebih untuk memesan makanan ini .

Dessert

Selanjutnya kamu bisa memesan makanan untuk menjadi makanan penutup. Desert ini sendiri banyak sekali varian yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memesan buah , pudding ataupun juga ice cream. Dessert sudah wajib untuk disajikan sebagai santapan yang ada di pernikahan .  

Minuman

Tidak mungkin dong kalau kamu menyajikan makanan tapi kamu juga tidak menyiapkan minum. Minuman ini kamu bisa menyajikannya dengan banyak sekali varian . Kamu bisa menyajikan minuman soda ,minuman dengan bahan dasar susu , ataupun kamu bisa memberikan minuman beralkohol rendah , sesuai dengan konsep pernikahan kamu . Ingat , minuman bisa membuat kamu agak sedikit menghemat budget. Hal ini sering sekali dijadikan strategi di sebuah restoran. Kamu bisa memberikan minuman yang berwarna ataupun manis . Cara ini bisa membuat tamu cepat kenyang , sehingga mereka tidak mengambil makanan yang banyak . 

Nah itu dia menu makanan yang bisa kamu jadikan opsi untuk mengadakan pesta pernikahan. Kamu bisa menambah menu makanan lain agar tampak lebih bervariasi . Kamu juga bisa mencampur berbagai menu makanan dari negara lain agar bisa bervariasi . Kami juga merekomendasikan kamu tempat catering yang bisa menyediakan makanan sesuai dengan keinginan kamu. Catering pernikahan ini juga sudah terpercaya dan juga menu yang ditawarkan banyak sekali . Mengenai rasa juga nomor 1 , tidak pernah mengecewakan sama sekali . Kamu bisa pesan atau bertanya-tanya di website mereka di https://fergara.org/. Semoga artikel ini bermanfaat !

Nasi tumpeng Jakarta

Resep Lasagna, Hidangan Khas Kota Bologna Italy

Lasagna alla Bolognese adalah hidangan khas gastronomi Emilia Romagna dan, khususnya, dari kota Bologna.  lasagna dikenal sampai menjadi salah satu simbol masakan Italia di dunia dan mengetahui banyak variasi dan lezat. Dari persiapan hingga bahan-bahannya, resep ini adalah inti dari “kekayaan” masakan tradisional Bolognese, juga terkenal dengan banyak resep pasta segar lainnya dan banyak lagi, pikirkan saja gnocco goreng. Untuk menyiapkan lasagna alla Bolognese yang baik, hal yang mendasar adalah pemilihan bahan yang tepat: pertama daging, yang harus dicampur dengan teliti: daging sapi dan babi untuk memberi rasa pada resep, kemudian bubur tomat yang harus berkualitas baik. kualitas, dan akhirnya, tapi tidak kalah pentingnya, lasagna asli, yang pasti di antara yang terbaik, dengan lembaran berpori yang sesuai untuk menahan saus untuk mendapatkan konsistensi yang sempurna!

PERSIAPAN
CARA MEMPERSIAPKAN LASAGNA ALA BOLOGNA

Untuk menyiapkan lasagna Bolognese, mulailah dengan memotong halus seledri 1, wortel 2 yang sudah dikupas dan tumpul, serta bawang bombai 3 yang sudah dikupas dengan pisau untuk mendapatkan 50 g untuk setiap bahan.

Panaskan minyak dalam wajan dan tambahkan sayuran cincang, rebus selama sekitar sepuluh menit dengan api kecil sambil diaduk dari waktu ke waktu 4. Setelah waktu berlalu, tumis harus layu dan bagian bawah wajan mengering. Tambahkan 5 daging sapi cincang kasar dan daging babi cincang (daging segar, bagian yang sangat berlemak) 6.

Daging juga akan berubah kecokelatan secara perlahan selama sekitar sepuluh menit, jadi aduk rata. Awalnya semua jus akan keluar tetapi setelah kering Anda dapat mencampurkan 250 g white wine 7. Segera setelah alkohol menguap sepenuhnya dan bagian bawah benar-benar kering, tuangkan ke dalam pure tomat 8. Kemudian tambahkan hanya 1 dari 3 liter dari air 9,

tambahkan sejumput garam, aduk dan masak dengan api sedang-kecil selama satu jam. Setelah satu jam pertama, Anda bisa menambahkan liter kedua air, aduk dan lanjutkan memasak selama satu jam lagi. Di akhir jam memasak kedua, tuangkan liter air terakhir dan lanjutkan memasak dengan api kecil selama satu jam lagi. Dengan cara ini saus akan matang minimal 3 jam dengan 3 liter air ditambahkan dalam waktu yang ditentukan 10. Pada akhir pemasakan hasilnya harus kental (tidak terlalu kering untuk jenis persiapan oven ini). Bumbui dengan garam dan merica, matikan api dan tambahkan susu 11, aduk dan sisihkan 12 saus.

Sekarang urus persiapan béchamel: ambil panci dan panaskan susu. Sementara itu, di wajan lain, lelehkan mentega menjadi potongan-potongan kecil dengan api kecil 13 dan, setelah meleleh, angkat dari api dan tambahkan tepung yang sudah diayak 14. Aduk rata dengan pengocok 15 untuk mendapatkan campuran tanpa gumpalan. Kemudian taruh kembali panci di atas api hingga berwarna cokelat muda.

Saat susu panas, bumbui dengan 16 buah pala parut dan sedikit garam. Pada tahap ini Anda dapat menambahkannya ke dalam campuran mentega dan tepung 17. Campur bahan dengan kuat dengan pengocok tangan dan biarkan mengental dengan api kecil: campuran harus homogen dan tanpa gumpalan. Masak béchamel selama sekitar 5-6 menit dengan api kecil hingga menjadi krim.

Kemudian beralih ke komposisi lasagna: ambil loyang atau loyang persegi panjang berukuran 30×20 cm. Sebarkan gerimis béchamel di atas wajan secara merata di seluruh permukaan 19, lalu taruh lasagna hijau dengan bayam 20 dan tuangkan lagi selapis tipis béchamel dan satu dari kain lapù 21.

dan parutan Parmesan 22, dengan hati-hati menutupi seluruh permukaan wajan. Kemudian buat lapisan lasagna hijau lagi, (jika lebih suka disusun juga berlawanan arah dengan lapisan pertama agar saling bersilangan) 23. Kemudian lanjutkan dengan membuat lapisan baru bechamel 24. Berhati-hatilah saat mendistribusikannya ke seluruh permukaan panci. Juga tambahkan kain dan lanjutkan seperti ini untuk semua lapisan dengan mengganti lembaran hijau, béchamel, ragù dan Parmesan.

Akhiri dengan lapisan saus daging dan taburan banyak Parmesan parut (25-26). Setelah persiapan wajan selesai, panggang dalam oven statis yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 200 ° selama sekitar 25 menit (atau dalam oven konveksi pada suhu 180 ° selama 15 menit): lasagna akan siap ketika Anda melihat kerak keemasan di permukaan. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum disajikan dan nikmati Bolognese Lasagna 27 Anda!

Sungai Atau Laut Yang Sedang VIral Sekali

Sungai Atau Laut Yang Sedang VIral Sekali

Di luar masih gelap-gulita. Saya duduk di dek paling atas. Lantai dan kursi basah oleh embun. Udara musim semi mempertahankan cuaca pagi pada suhu yang masih bisa ditenggang tubuh: 15 derajat Celsius. Sejak semalam kapal sandar di dermaga Feng Du. Bayang-bayang kota membentuk siluet raksasa. Di Ftimur, sebuah tebing terjal gagah mengangkang. Di puncaknya, pagoda kecil tertidur tenang. Lalu surya perlahan-lahan naik. Sinar merahnya membangunkan seisi kota. Juga pagoda itu.

Ketika matahari makin tinggi, kuil tersebut seperti makhluk mungil yang menghalang-halangi matahari merah itu memamerkan sinarnya. Permukaan Yangtze berpendarpendar. Dari atas kapal, sungai lebih tampak seperti telaga. Tak ada gelombang. Hanya riak halus di permukaannya—seperti barisan serangga di hamparan lumut hijau. Terbentuk sejak jutaan tahun lalu, Yangtze adalah keindahan tak tepermanai. Tiga ngarai—potongan sungai menyempit dengan dinding terjal menjulang hingga 1.500 meter di kiri-kanannya—adalah bagian terpenting perjalanan ini. Mula-mula adalah Ngarai Qutang.

Ini adalah ngarai terpendek, hanya 8 kilometer. Terletak di Desa Fengjie, Provinsi Chongqing, lebar sungai pada ngarai ini 100-200 meter. Puncak Bailin dan puncak Chijia— dua tebing menjulang di kiri-kanannya—membuat kapal Victoria terasa seperti keledai malas yang memasuki pintu raksasa. Gerbang itu tersusun dari gunung yang berlipat-lipat. Cahaya matahari menimpa satu sisi jabal dan mengabaikan sisi lainnya: meninggalkan warna hijau terang dan gelap berganti-ganti.

Tengadah ke atas di antara celah sempit, dua sisi gerbang seperti hamparan sutra hijau yang diambrukkan dari langit. Terbentang di atas permukaan yang naikturun. Di ujung tahang itu, kapal berhenti. Penumpang dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil terdiri atas 20 orang. Kami diarahkan ke kapalkapal bermotor dengan atap rumah tradisional Cina. Beriringan kapal menyusuri anak Sungai Yangtze ke arah hulu. Makin kecil perahu yang kami tumpangi, makin raksasa terasa alam di sekeliling.

Seorang pemandu perempuan menjelaskan perjalanan dengan bahasa Inggris beraksen Mandarin. Sampai di sisi tebing terjal, penumpang diminta turun. Sejumlah penari dari suku Tujia—etnis minoritas Tiongkok—menyambut di atas dermaga yang terbuat dari pelampung plastik yang disusun rapi. Mereka menyanyi dan menarikan bai shou wu, tarian selamat datang. Banyak pelancong yang ikut bergoyang, menggerakkan badan dalam formasi melingkar. Ngarai Wu kami lewati menjelang sore. Terbentang 45 kilometer, tahang itu terbagi dalam dua bilah: sisi timur dan barat.

Ngarai ini lebih lebar daripada ngarai sebelumnya. Karena luasnya, Wu kerap juga disebut Ngarai Besar. Ngarai terpanjang adalah Xiling, 66 kilometer. Kami sampai di kawasan ini pada hari ketiga. Sejak pagi, cuaca di Nanjiguan, dekat Yichang, sudah penuh kabut. Geladak kapal basah oleh gerimis. Angin kencang yang menimpa bendera, jaket, atau apa pun yang berkibar, menimbulkan suara gemuruh. Saya menaikkan tudung kepala pada wind breaker hitam yang saya pakai. Orang-orang berteduh di sisi geladak yang dilindungi atap.

Victoria bergerak perlahan memasuki mulut ngarai. Jarak pandang menipis. Gerimis mempercepat kelam. Kabut mengubah gunung-gunung menjadi lukisan cat air dengan warna pucat. Kami seperti Yunus yang bergerak perlahan memasuki mulut ikan paus. Semakin ke dalam, semakin temaram. Di sekeliling: gunung tanpa suara.

Website : kota-bunga.net

Sungai Yang Sedang Banyak Orang Bicarakan

Sungai Yang Sedang Banyak Orang Bicarakan

SERULING Victoria Lianna berteriak tiga kali. Jam menunjukkan pukul 21.00. Kota Chongqing berpendar oleh cahaya. Keramaian di dermaga belum juga surut. Saya menempati kamar di lantai lima. ”Mereka menaikkan kelas kamarmu,” kata Jiamin. Seharusnya saya menginap di kabin berukuran 19,6 meter persegi dengan tarif US$ 400 (sekitar Rp 5 juta) untuk tiga malam.

Mengetahui saya wartawan dari Jakarta, pengelola kapal memindahkan saya ke kabin eksekutif yang ukurannya sedikit lebih besar. Kamar baru itu terletak di pojok, memiliki dua dinding kaca berpenutup gorden yang langsung menghadap ke luar. Kabin memiliki kamar mandi dengan bak rendam dan penyejuk udara. Semua bilik di kapal itu memiliki teras selebar satu meter yang menjorok ke arah luar.

Seperti halnya kapal pesiar, Victoria menyediakan semua kebutuhan bagi para penumpang. Selain dua restoran di lantai dua dan enam, terdapat bar, salon, dan ruang hiburan. Ada pula pusat kebugaran, kamar pijat, dan ruang judi. Hampir setiap dek menyediakan ruang terbuka untuk memandang ke luar. Setidaknya 100 kru bekerja di Victoria setiap trip. Kapal dipimpin oleh Kapten Qiu Haifeng, lelaki ramah berusia 43 tahun. Pada hari kedua, ia mengajak saya ngobrol di ruang judi yang pada malam itu tak bertamu. Jiamin ikut serta. Juga dua kru Victoria. Qiu bercerita tentang suka-duka mengemudikan kapal di sungai.

Tak seperti kapten kapal laut yang harus waspada pada ombak besar, kapal sungai berlayar di air yang tenang. Namun sungai yang berkelok-kelok menjadikan kapal mudah berubah arah. ”Saya juga harus waspada terhadap kedalaman sungai,” kata Qiu. Sebagai kapal pesiar, Victoria tak kesulitan dengan pasokan logistik. Setiap hari kapal mendapatkan bahan makanan segar dan barang kebutuhan lain ketika bersandar di pelabuhan. Air untuk penumpang diambil dari sungai setelah dicuci dengan mesin pemurni.

Qiu membawa saya ke palka untuk melihat mesin tersebut. Seukuran mobil pick-up, alat itu menderu-deru menguarkan bau solar yang menyengat. Melewati mesin pemurni, air di wastafel dan shower kamar mandi memang beraroma kaporit. Keselamatan penumpang, menurut Qui, merupakan prioritas utama. Jaket pelampung tersedia di banyak sudut di koridor dek, juga di lemari dalam kamar. Kapal bergerak sangat perlahan. Maksimal kecepatan cuma 28 kilometer per jam.

Pengelola Victoria tampaknya tak ingin mengulang pengalaman kapal Eastern Star yang terbalik di Provinsi Hubei, Juni tahun lalu. Dihantam hujan dan petir serta kerusakan mesin, kapal miring hingga akhirnya terbalik dan tenggelam. Sebanyak 456 penumpang tewas, sebagian besar turis lokal. Hanya 14 orang yang selamat, termasuk kapten dan juru mesin. TERINGAT teman dari Jakarta, pukul lima saya terjaga. Katanya lewat pesan pendek: menikmati Yangtze, bangunlah pagi hari. Nantikan matahari menyentuh tebing sungai.

Langkah Kuda Menyehatkan Bumiputera bagian 5

Hingga masa jabatan Ichsan berakhir pada September lalu, rencana itu tak pernah terlaksana. Ikhtiar memperbaiki kinerja Bumiputera sudah ditempuh sejak tiga tahun lalu. Karena itu, Otoritas Jasa Keuangan memperkuat manajemen dengan mengganti direksi agar melakukan perbaikan. ”Saat itu, kami dorong pembenahan internal,” kata Dumoly. Namun, hingga jabatan mereka selesai pada pertengahan 2016, restrukturisasi tak kunjung jalan.

Masuknya direksi dan komisaris baru pada awal Oktober lalu tak menyelesaikan persoalan. Itu sebabnya, OJK memutuskan menunjuk pengelola statuter dan menonaktifan direksi serta komisaris yang baru tiga pekan diangkat Badan Perwakilan Anggota (BPA). Ketua BPA Bumiputera asal Makassar, Abdul Kadir, terkejut saat OJK menonaktifan manajemen. ”Kami tidak pernah berpikir akan ada pengelola statuter,” katanya.

Langkah Kuda Menyehatkan Bumiputera bagian 4

Uji kelaikan dan kepatutan dilakukan satu pekan sebelum pengelola statuter ditunjuk. ”Tugas saya mencegah jangan sampai isu ini berisik,” kata mantan juru bicara Presiden Abdurrahman Wahid itu. Menurut Adhie, OJK frustrasi menghadapi pengurus lama karena tak serius menjalankan skenario restrukturisasi. Dumoly mengatakan restrukturisasi sulit dilakukan karena Bumiputera masih berbentuk usaha bersama, bukan perseroan terbatas. Akibatnya, tidak ada pengendali di perusahaan ini. Setiap pemegang polisi otomatis menjadi pemilik saham. Masalahnya, ”Tidak ada yang merasa mewakili dan bertanggung jawab,” kata Dumoly.

Itu sebabnya, OJK bersama manajemen Bumiputera sejak awal merancang agar perusahaan asuransi ini bisa dikonversi dari perusahaan non-listed menjadi terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Salah satunya dengan mendorong go public unit usaha properti Bumiputera. ”Dulu sudah ada yang mau masuk, tapi mereka hanya maunya ambil aset kami di properti,” kata Ichsan M. Natin, Direktur Investasi AJB Bumiputera periode 2013-2016.

Langkah Kuda Menyehatkan Bumiputera Bagian 3

Untuk menutup klaim, perusahaan menjual aset investasi. Aset likuid Bumiputera ini bakal tergerus habis dan diprediksi tak mam pu menutup defsit dalam tiga tahun ke depan, yang diperkirakan mencapai Rp 9 triliun. ”Kalau ditunggu sampai tahun depan, pasti jebol,” katanya. Upaya OJK mendapat perlawanan. Irvan Rahardjo, Koordinator Tim Advokasi Bumiputera, menuding OJK melakukan restrukturisasi tanpa melibatkan pemegang polis yang juga pemilik saham. ”Kami tidak apriori dengan restrukturisasi, asalkan caranya benar,” ujar Irvan, Selasa pekan lalu.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad menepis pernyataan Tim Advokasi Bumiputera. Menurut dia, penunjukan pengelola statuter mengacu pada Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Asuransi. ”Keputusan penempatan statuter merupakan keputusan Dewan Komisioner OJK dalam rapat Dewan Komisioner,” katanya. Penunjukan pengelola statuter tidak ujug-ujug. Pengelola Statuter Bidang Sumber Daya Manusia, Umum, dan Komunikasi Adhie M. Massardi mengatakan, sepanjang Agustus-September, ia sudah beberapa kali diajak OJK mengikuti rapat. Pesertanya direksi dan Badan Perwakilan Anggota Bumiputera. Mereka membahas skema restrukturisasi Bumiputera.

 

Langkah Kuda Menyehatkan Bumiputera Bagian 2

Mereka menilai pembentukan pengelola statuter tidak sah karena tanpa persetujuan Badan Perwakilan Anggota Bumiputera. Sejak akhir Oktober, OJK mengambil alih manajemen Bumiputera dengan menonaktifan semua direktur dan komisaris. Tujuh pengelola statuter yang ditunjuk Bumiputera mengambil alih wewenang dan fungsi direksi serta komisaris. Mereka adalah Didi Achdijat, Sriyanto Muntasram, Yusman, Adhie M. Massardi, Supandi Widi Siswanto, Agus Sigit Kusnadi, dan Dirman Pardosi.

OJK menugasi pengelola statuter melanjutkan rencana restrukturisasi Bumiputera. Sudah lebih dari sepuluh tahun kondisi keuangan perusahaan asuransi tertua di Indonesia itu mengkhawatirkan. Total asetnya hingga akhir tahun lalu Rp 10,28 triliun. Sedangkan total kewajiban Bumiputera hampir mencapai Rp 30 triliun. Menurut Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank II Otoritas Jasa Keuangan Dumoly F. Pardede, klaim nasabah naik signifkan dalam lima tahun terakhir. Sementara itu, pendapatan premi—dari jumlah pemegang polis 6,7 juta—tidak cukup untuk menutupi kebutuhan klaim dan seluruh biaya.