Nasi tumpeng Jakarta

7 Aneka Lauk dan Sayur Nasi Tumpeng yang Biasa Disajikan

Nasi Tumpeng dan nasi box telah menjadi kebudayaan yang dimiliki oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Sudah sejak lama hidangan ini menjadi sajian yang wajib ada di berbagai acara adat, karena memang menjadi simbol persembahan.

Nasi dibentuk kerucut menjulang ke atas yang bentuknya menyerupai gunung. Di mana gunung dipercaya menjadi tempat peristirahatah arwah nenek moyang.

Wajar saja jika kebanyakan acara yang diselenggarakan seperti HUT RI, ulang tahun, atau perayaan lainnya selalu menghadirkan nasi tumpeng Jakarta. Tak hanya nasi saja yang dihidangkan tetapi juga dengan aneka lauk pauk yang menjadi pendampingnya. Apa saja lauk pauk yang wajib ada itu?

 

Macam-Macam Lauk Pendamping Nasi Tumpeng

Lauk pauk akan menambah kenikmatan dari nasi tumpeng yang berupa nasi kuning atau nasi gurih. Aneka lauk ini memiliki rasa yang gurih, manis dan juga pedas. Modern ini ada berbagai modifikasi lauk untuk tumpeng dan bisa dipilih sesuai selera.

Walaupun versi aslinya lauk dan sayur jumlahnya ada 7, tapi tak semua orang pasti suka dengan menu yang sama.

Jika Anda sedang bingung memilih lauk dan sayur yang cocok untuk nasi tumpeng, bisa memilih macamnya berikut ini adalah ulasannya seperti yang dikutip dari laman Souljournal.

1. Ayam goreng kremes

Bosan dengan ayam goreng yang biasa? Anda bisa memilih ayam goreng kremes dan lebih enak lagi jika menggunakan ayam kampung. Harganya memang sedikit agak lebih mahal, tetapi ayam kampung memiliki gizi yang lebih baik dibandingkan ayam negeri. Apalagi jika ditambah dengan kriuk kremes yang gurih. Jangan lupa untuk ayam kampung akan lebih hemat jika membelinya dalam bentuk utuhan.

2. Tahu Tempe goreng

Menu yang satu ini selalu menjadi pilihan utama. Siapa sih orang Indonesia yang tidak suka dengan tahu dan tempe yang digoreng. Jika ingin lebih enak lagi, tahu dan tempe bisa dimasak kuning terlebih dahulu supaya terasa bumbu rempahnya. Tapi jika ingin yang praktis Anda bisa memilih bumbu biasa dengan bawang putih, ketumbar dan garam.

3. Perkedel kentang

Perkedel yang terbuat dari bahan kentang bukan hanya mengenyangkan tetapi juga enak rasanya.

Kentang yang sudah digoreng kemudian ditumbuk halus dan diberi bumbu baru dibentuk bulat pipih dan di celupkan dalam kocokan telur kemudian digoreng kembali. Perkedel ini menjadi lauk favorit bagi banyak anak-anak ketika tumpeng disajikan untuk hidangan ulang tahun.

4. Urap

Hidangan tidak lengkap dan sehat tanpa kehadiran sayur mayur, untuk tumpeng ada sayur khusus yang harus dipilih yaitu urap. Tidak sembarangan urap bisa dihidangkan, karena akan mempengaruhi keawetannya.

Urap yang benar adalah terdiri beragam sayur seperti bayam, tauge, kacang panjang, wortel yang direbus. Kemudian supaya rasa lebih enak dan urap tahan lama bumbu kelapa harus dikukus terlebih dahulu.

5. Telur Balado

Warna kemerahan dari sambal akan menarik ketika lauk dan sayur tumpeng disusun. Ada satu menu lauk yang perlu menggunakan sambal seperti telur balado. Walaupun warnanya merah biasanya rasanya tidak terlalu pedas.

Telur rebus yang sudah dikupas kemudian digoreng terlebih dahulu supaya memiliki tekstur kulit yang krispi. Baru sesudahnya dimasak dengan bumbu balado dari cabai dan aneka rempah.

6. Ikan goreng

Selain ayam, lauk utama yang bisa menjadi pilihan adalah ikan goreng. Biasanya ikan yang dipilih adalah lele, bandeng, dan ikan asing. Ikan ini juga menjadi simbol kerukunan dalam nasi tumpeng menurut nenek moyang.

Cara memasak ikan goreng pun cukup mudah, ikan yang sudah dibersihkan direndam bumbu seperti bawang putih, ketumbar dan garam. Baru digoreng hingga kering.

7. Bakmi goreng

Jenis lauk lainnya adalah bakmi goreng yang dimasak dengan daun bawang dan juga telur kocok. Jika ingin pedas bisa ditambahkan cabai rawit atau cabai merah. Cara membuat bakmi goreng ini cukup mudah karena hanya menggunakan bumbu bawang putih saja.

Sedangkan untuk bumbu tambahan seperti garam gula sebagai pengganti vetsin, kecap asin, saus tiram dan juga kecap.

Aneka macam lauk pauk dan sayur ini biasanya akan lebih divariasikan lagi oleh banyak tempat katering. Jadi jika Anda tak ingin memasak tinggal memilih dan membelinya langsung di tempat katering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *